Cara Membuat Animasi Karakter Minion 3 Dimensi di Software Blender (Part #2)
Cara Membuat Animasi Karakter Minion 3 Dimensi di Software Blender (Part #2) ini lanjutan dari langkah-langkah pada postingan sebelumnya. karena terlalu panjang, maka saya bagi 2 postingan.
baca tutorial sebelumnya : Cara Membuat Animasi Karakter Minion 3 Dimensi di Software Blender
baca tutorial sebelumnya : Cara Membuat Animasi Karakter Minion 3 Dimensi di Software Blender
oke, langsung saja kita ke tahapan berikutnya.
28. lalu bagian yang tadi di duplikat di select, tekan S dan Y untuk memperkecil bagian tersebut terhadap sumbu Y.
29. setelah itu tekan E untuk extrude dan tarik kebawah, hingga sperti ini.
30. Tekan Tab untuk pindah ke Object Mode, lalu ke tab material dan hapus material yang ada pada bagian ini. Dan buat material baru beri nama “white” dan pilih warna putih.
31. Tekan Numpad 8 dan Numpad 7 untuk mengatur bagian gigi dari bagian atas. Atur rotasi (Tekan R) dan skala (Tekan S) tentunya setelah titik pada bagian diselect. Usahakan seperti ini hasilnya.
32. Masih pada bagian gigi, saya akan membuat seolah-olah ada 4 gigi dimulut. Caranya tekan CTRL+R>Enter>lalu tarik ke arah kiri. Lakukan hal yang sama dengan bagian gigi disebelahnya.
33. Selanjutnya select bagian yang akan kita buat menjadi selah-selah gigi, Tekan E dan Tekan S arahkan kebagian dalam hingga seperti ini. Lakukan hal yang sama pada bagian gigi di sebelahnya.
34. Perbesar bagian giginya dengan Tekan S dan arahkan keluar seperti ini.
35. Select bagian gigi Tekan SHIFT+D untuk menduplikat, atur posisi hingga berada dibawah gigi pertama. Dan jangan lupa untuk mengganti nama bagian yang diduplikat tadi di tab outliner, disini saya ganti menjadi “tooth lower”.
36. Selanjutnya saya akan membuat bagian bajunya, select terlebih dahulu bagian tubuh dan seleksi menyerupai baju yang ada pada gambar. Tekan SHIFT+D>Tekan P>Selection untuk menduplikat bagian yang diselect. Dan ganti nama bagian tersebut, disini saya ganti dengan “jeans”.
37. Dan pada bagian jeans hapus material yang ada dan buat material baru dengan warna biru.
38. Perbesar bagian jeans dengan Tekan S dan atur skalanya.
39. Tambahkan modifier solidify pada bagian jeans.
40. Select bagian jeans tekan CTRL + Numpad 7 untuk melihat dari bagian bawah. Select beberapa bagian yang nantinya akan dibuat sebagai kaki.
41. Pada bagian yang telah diselect kita Tekan E arahkan kebawah untuk extrude membentuk bagian kaki. Atur dengan menggunakan rotasi dan skala.
42. Pada bagian bawah yang masih di select Tekan P>Selection, ini menjadikan bagian bawah ini yang nantinya akan dijadikan sebagai awal pembentukan bagian sepatu. Dan beri nama pada outliner dengan nama “shoes”.
43. Setelah itu pisahkan dengan bagian kaki, dan berikan material black_flat pada bagian sepatu.
44. Lakukan extrude pada bagian shoes, seperti dibawah ini.
45. Select bagian depan sepatu lalu ubah view dengan CTRL + Numpad 7, atur rotasi dan skala dari bagian tersebut serta tekan E untuk extrude bagian depan sepatu.
46. Select bagian sepatu yang belum rapi Tekan G untuk merapihkannya.
47. Select semua bagian sepatu dan tarik keatas hingga menyatu dengan bagian kaki.
48. Lalu kita akan membuat bagian kacamata dari minion, Tekan SHIFT+A>Mesh>Circle. Dan pada bagian vertices rubah angkanya menjadi 8.
49. Tarik keatas bagian circle tadi agar mudah memodifikasinya, atur skala dan rotasinya sehingga menjadi seperti ini.
50. Tekan Tab untuk select circle, Tekan E>Tekan S hingga menjadi seperti ini.
51. Select garis bagian belakang circle dan tekan E hingga menjadi seperti ini.
52. Setelah itu Tekan SHIFT+D untuk menduplikat circle dan letakkan disamping circle pertama.
53. Select bagian kedua sisi circle pertama dan kedua dan Tekan X>Faces untuk menghapus bagian tersebut.
54. Dekatkan kedua circle tersebut, Tekan B untuk menseleksi bagian pinggir kedua circle.
55. Setelah terselect Tekan W>Remove Doubles untuk menghapus garis yang dobel.
56. Tambahkan modifier>add modifier>Subdivision Surface agar objek kacamata terlihat melengkung permukaannya.
57. Di Tab modifier di bagian subdision rubah view menjadi 2.
58. Select bagian batang kacamata yang dekat bagian tengah, Tekan CTRL+R dan tarik ke arah bagian tengah agar terlihat lebih realistis. Lakukan hal serupa pada ketiga bagian lainnya.
59. Masih pada bagian kacamata, tekan CTRL+R>Enter lalu arahkan kedepan. Lakukan lagi hal serupa lalu arahkan kebelakang. Ini bertujuan agar permukaan atas terlihat agak flat.
60. Tekan CTRL+R>Enter lagi pada bagian depan kacamata dan arahkan ke lubang kacamata. Lakukan pada lubang kacamata yang 1 lagi.
61. Tarik kacamata ke bawah, dan sesuaikan di posisinya, Tekan Numpad + 7 lalu atur posisi dari atas.
62. Untuk membuat bagian mata kita bisa buat dari bagian kepala, select bagian dari kepala Tekan SHIFT+D>P>Selection untuk menduplikat.
63. Select bagian yang telah di duplikat tadi ganti nama di outliner dengan “eyes”, Tekan R>X untuk melakukan rotasi terhadap sumbu X. Perkecil skalanya dan letakkan diatas sebelum nanti dipindahkan.
64. Pada bagian tab modifier klik Apply.
65. Hapus material yang terdapat pada bagian eyes, lalu tambah baru tetapi menggunakan warna white yang tadi tela dibuat.
66. Select bagian tengah mata tapi tidak semuanya, lalu tambahkan material baru bernama brown dengan warna coklat tanpa menghapus material white tadi.
67. Select bagian inti mata lalu buat material baru dengan warna hitam, kita bisa pilih material black yang tadi kita buat.
68. Select lagi dari bagian brown sampai black dan perkecil ukurannya dengan skala.
69. Buat agar mata terlihat melengkung dengan tekan S>Y, kita buat melengkung terhadap sumbu Y.
70. Lalu atur posisi mata dibelakang kacamata, sesuaikan dengan posisi kacamata.
71. Select bagian eyes atau mata dan tekan SHIFT+D untuk menduplikatnya, atur mata kedua sesuai posisinya.
72. Select bagian badan untuk membuat bagian tangan.
73. Tekan Numpad + 1 untuk merubah view lalu tekan E untuk extrude.
74. Tekan R untuk rotasi kan bagian yang di select ke bawah. Gunakan fungsi tombol R, S, dan G untuk menentukan posisi tangan yang pas.
75. Select bagian ujung tangan dan tekan P>selection. Pada tab material hapus semua material dan berikan material black. Tekan S untuk membesarkan area sarung tangan, dan tarik ke atas. Lakukan teknik extrude pada bagian tersebut.
76. Setelah berbentuk seperti dibawah maka select satu bagian di belakang sarung tangan lalu lakukan teknik extrude. Ada tiga bagian yang di extrude yang nantinya akan dijadikan jari.
77. Rapihkan bagian depan sarung tangan dengan bantuan tombol S.
78. Select bagian tubuh lalu tekan tab, lakukan seleksi di bagian atas tangan untuk membuat strip yang tersambung ke baju. Tekan SHIFT+D>P>Selection. Hapus semua material yang ada dibagian strip lalu tambahkan material dengan jeans.
79. Perbesar strip nya, lalu select bagian tengah strip lalu tarik keatas. Sesuaikan posisi ujung strip agar tetap dekat dengan bagian baju.
80. Dan ini lah hasilnya.
Untuk membuat animasi 3D menggunakan blender, disarankan untuk mengingat atau menghafal shortcut tombol karena jika tidak maka akan terjadi kesulitan dalam proses pembuatan.
Post a Comment