Header Ads

Opsi Kotak Dialog "Save" Drawing pada Software CorelDraw


Ketika anda melakukan penyimpanan melalui perintah Save pada file baru, atau dengan perintah Save AS pada file yang pernah disimpan sebelumnya.akan tampil jendela dialog Save Drawing pada jendela ini tersedia opsi-opsi penting.

File name  :  Isi nama file secara default CorelDRAW akan menyinpan file anda dengan nama graphic 1, graphic 2, dan seterusnya anda bisa memasukan  nama file selain itu sesuka anda

Save as type  : secara default file akan disimpan dengan format CorelDRAW (cdr) anda dapat memilih format file yang sesuai lihat subbn 09 format file

Keyword  : mungkin anda memiliki banyak beragam file yang tidak disimpan. Anda perlu memberikan satu nama kunci selain nama file itu sendiri, misalnya: logbis, yang artinya kelompok file untuk bisnis keywords sangat berguna ketika anda melakukan SEARCH untuk mencari file anda yang hilang atau lupa namanya

Nalts  : ruang ini dapat berisi dengan catatan mengenai file yang akan disimpan

Version : default penyimpanan adalah CorelDraw versi 11. User dapat menyimpan file grafis CorelDraw 11 sebagai file grafis CorelDraw versi sebelumnya klik tombol list selector(berbentuk segitiga) maka muncul pilihan versi CorelDraw.

Seleceted only : opsi ini akan nampak di kotak dialog jika anda memilih suatu bagian dari objek gambar yang akan disimpan. Pilihan ini sagat membantu, khususnya jika anda menyimpan sebagian saja dari objek gambar yang ada dilayar

Web save filenames : Aktifkan pilihan ini jika file yang anda simpan ditunjukan untuk web page. Nama file yang menggunakan spasi akan diberi underscore( garisbawah)oleh corelDraw.

Save With VBA Project : Jika opsi ini diaktifkan maka program VBA yang disertakan pada gambar grafis anda akan ikut disimpan.

Advenced : Ketika anda menekan tombol advanced maka tampil jendela option disini anda menentukan secara default bahwa file disimpan dengan format CMX . dan beberapa opsi piihan berkenaan dengan tekstur serta efek blend extrude.

Format File
 
Format file menentukan bagaimana menentukan suatu aplikasi menyimpan  informasi dalam suatu file format file dapat diketahui dari extension biasanya terdiri dari 3 atau 4 karakter dibelakang nama file.format file yang disimpan langsung oleh corel draw.

CDR : format runder corel draw
PAT : Patten Tide
CDT : Coreldraw Tamplate
CLK : corel R A V E
AL  : Format standar Adobe
WMF : window metafile
EMF : enhancod window merafile
CGM : computer graphic metafile
SVG : scalable vector graphics
SYGZ : compresed SVG
PCT : macintosh pict
DXF : autoCAD
DWG : autoCAD drawing databese file
PLT : HPGL plotter file
FMV : frame vector metafile
GEM : GEM file
CMX : corel presentation exchange 5,0
CPT : corel photo.paint

Jika user ingin menggunakan file yang dihasilkan oleh aplikasi yang berada dengan aplikasi yang kita sedang digunakan, maka kita harus meng-IMPORT  file tersebut.

Sebaiknya jika file yang kita buat ingin digunakan pada aplikasi lain yang berbeda.dengan format yang didukung oleh aplikasi tujuan.

DOC :Microsoft word
BMP :standar file operasi windows ukuran file relatif besar
HTM :hypertext markup laguage
PDF :untuk keperluan lintas program ukuran file relatif kecil
PSD :file Adobe photoshoap
SWF :file fldsk
Powered by Blogger.