Soal UKK Simulasi Digital Kelas X SMK Tahun 2017
alhamdulillah pada kesempatan ini bisa share Latihan Soal UKK Simulasi Digital Kelas X SMK Tahun 2017 yang kemarin baru saya ujikan untuk ulangan kenaikan kelas (ukk) siswa kelas X SMK Al-Irsyad Tegal.
sengaja saya buat soal-soal yang simpel dengan kalimat yang pendek supaya anak langsung tau maksud dari soal itu tanpa bertele-tele dan muter-muter.
bagi saya, siswa sudah dapat menjawab BENAR itu sudah patut diapresiasi yang berarsi siswa paham pada pelajaran yang saya ajarkan. dan apapun soal yang saya berikan pada siswa, itu merupakan hasil dari apa yang saya terangkan, jelaskan, ajarkan, sampai benar-benar bisa dan paham baik secara praktek maupun secara teori.
baca juga : Latihan Soal Latihan Simulasi Digital Versi 2
karena di kurikulum yang baru ini, pendidikan lebih menitik beratkan tidak hanya pada kognitif semata, tetapi didukung dengan skill, keahlian, dan akhlak yang mulia. untuk dapat menjadikan anak memeiliki akhlak yang mulia itu gak gampang loh yah...
kita sebagai guru harus merangkul dan menjadi suri teladan bagi anak didik kita... contoh jika siswa telat, jangan langsung dimarahi secara berlebihan dan semena-mena... tanya dulu alasan kenapa dia terlambat, barangkali malamnya harus bergadang demi mencari sesuap nasi untuk makan di siang hari dan untuk biaya sekolahnya.
banyak siswa yang ketika diterangkan tidak/ kurang mendengarkan, kurang memperhatikan, tidur, ngantuk, cuma mlongo... itupun tidak 100% salah siswa atau kita sebagai guru secara brutal marah-marah dengan teriak-teriak dengan nada kasar, bangun!! sana cuci muka!!
ingat bapak/ ibu guru, anak-anak dilahirkan itu memiliki sifat, mental, karakter, pola pikir, otak, fisik yang berbeda-beda... ingat! BERBEDA-BEDA.... jadi rangkulah mereka dengan hati sebagai bagian dari keluarga kita, anggap seperti adik kita atau anak kita.
okeh, bapak/ ibu.. kembali ke topik awal yaitu SOAL... mohon maaf jika terlalu lebay, itu semata-mata hanya untuk pengingat saya pribadi, hehehe...
Latihan Soal UKK Simulasi Digital Kelas X SMK Tahun 2017
1 microsoft office word adalah
a. aplikasi pengolah kata
b. aplikasi pengolah angka
c. aplikasi pengolah gambar
d. aplikasi pengolah video
e. aplikasi pengolah rumus
2 screencast o matic (SOM) adalah
a. aplikasi untuk merekam adegan film
b. aplikasi editing video
c. aplikasi pengolah gambar
d. aplikasi pengolah video
e. aplikasi untuk merekam aktifitas di layar komputer
3 untuk merender video yang sudah diedit pada movie maker, caranya klik
a. title
b. transition
c. title at the begining
d. effect
e. publish video
a. title
b. transition
c. title at the begining
d. effect
e. publish video
4 asyncrounus adalah
a. komunikasi dalam jaringan secara langsung
b. komunikasi dalam jaringan secara tidak langsung
c. komunikasi dalam jaringan secara online
d. komunikasi dalam jaringan secara tatap muka
e. komunikasi dalam jaringan secara realtime
a. komunikasi dalam jaringan secara langsung
b. komunikasi dalam jaringan secara tidak langsung
c. komunikasi dalam jaringan secara online
d. komunikasi dalam jaringan secara tatap muka
e. komunikasi dalam jaringan secara realtime
5 kepanjangan e-mail
a. electrik mail
b. electronic mail
c. Edmodo mail
d. enganmen mail
e. e-mailing list
a. electrik mail
b. electronic mail
c. Edmodo mail
d. enganmen mail
e. e-mailing list
6 dibawah ini contoh search engine, kecuali
a. google
b. yahoo
c. altavista
d. mozilla
e. bing
a. google
b. yahoo
c. altavista
d. mozilla
e. bing
7 menu - menu yang ada di power point, kecuali
a. home
b. slideshow
c. insert
d. page layout
e. animation
a. home
b. slideshow
c. insert
d. page layout
e. animation
8 istilah atachment pada saat pengiriman email adalah
a. email sampah
b. email spam
c. email virus
d. lampilan file
e. tembusan email
a. email sampah
b. email spam
c. email virus
d. lampilan file
e. tembusan email
9 camera angle adalah
a. bidang pandang hubungannya dengan latar belakang
b. bingkai dan batasan pada saat mengambil gambar
c. sudut objek
d. sudut pengambilan gambar atau letak posisi kamera
e. jarak pengambilan gambar
a. bidang pandang hubungannya dengan latar belakang
b. bingkai dan batasan pada saat mengambil gambar
c. sudut objek
d. sudut pengambilan gambar atau letak posisi kamera
e. jarak pengambilan gambar
10 pengambilan gambar 2 objek disebut
a. one shoot
b. three shoot
c. two camera angle
d. two close up
e. two shoot
a. one shoot
b. three shoot
c. two camera angle
d. two close up
e. two shoot
11 aplikasi gratis tanpa lisensi untuk membuat video tutorial/ video pembelajaran adalah
a. windows movie maker
b. power director
c. adobe after effect
d. screencast o matic
e. camtasia
12 di bawah ini format video, kecuali
a. mp4
b. FLV
c. avi
d. mpeg
e. PNG
13 untuk menampilkan presentasi dengan tombol pada office powerpoint yaitu dengan menekan
a. F1
b. F2
c. F3
d. F4
e. F5
14 Software blender adalah
a. software pengolah kata
b. software pengolah gambar
c. software editing video
d. software animasi 3 dimensi
e. software perancangan bangunan
15 3 Objek secara default pada blender
a. cube, camera, cahaya
b. bone, armature, cube
c. cahaya, armature, cube
d. cube, bone, cahaya
e. cilinder, cube, plane
b. bone, armature, cube
c. cahaya, armature, cube
d. cube, bone, cahaya
e. cilinder, cube, plane
16 fungsi objek modifier SOLIDIFY adalah
a. untuk menghaluskan objek
b. untuk menebalkan objek
c. untuk membuat segmen
d. melengkungkan objek
e. menghaluskan permukaan objek
b. untuk menebalkan objek
c. untuk membuat segmen
d. melengkungkan objek
e. menghaluskan permukaan objek
17 shorcut tombol untuk menduplikasi objek adalah
a. CTRL+R
b. CTRL+Z
c. SHIFT+E
d. SHIFT+D
e. TAB
18 untuk memperbesar atau memperkecil objek adalah tombol
a. R
b. G
c. Z
d. S
e. E
19 tombol yang digunakan untuk merotasi objek pada blender adalah
a. S
b. D
c. R
d. E
e. G
20 Fungsi tombol E adalah
a. merotasi objek
b. memperbesar / memperkecil objek
c. menggeser objek
d. melakukan locroot
e. extrude objek
21 tombol kombinasi CTRL+P digunakan untuk
a. mengextrude objek
b. merotasi objek
c. menduplikasi objek
d. menggabungkan objek dan tulang
e. melakukan locroot pada tulang
a. merotasi objek
b. memperbesar / memperkecil objek
c. menggeser objek
d. melakukan locroot
e. extrude objek
21 tombol kombinasi CTRL+P digunakan untuk
a. mengextrude objek
b. merotasi objek
c. menduplikasi objek
d. menggabungkan objek dan tulang
e. melakukan locroot pada tulang
22 dibawah ini macam-macam objek dasar MESH pada blender, kecuali
a. cilynder
b. cube
c. plane
d. sun
e. circle
a. cilynder
b. cube
c. plane
d. sun
e. circle
23 fungsi dari MIRROR pada blender adalah
a. pencerminan objek
b. duplikasi objek
c. skala objek
d. memperhalus objek
e. melengkungkan objek
a. pencerminan objek
b. duplikasi objek
c. skala objek
d. memperhalus objek
e. melengkungkan objek
24 Fitur utama yang dikenalkan dalam latihan modelling adalah
a. vertex, edge, face
b. editing mode, solidify, edge, face
c. vertex, bevel, face, extrude
d. editing mode, vertex, edge, wireframe, extrude
e. editing mode, vertex, edge, face, solid
a. vertex, edge, face
b. editing mode, solidify, edge, face
c. vertex, bevel, face, extrude
d. editing mode, vertex, edge, wireframe, extrude
e. editing mode, vertex, edge, face, solid
25 Fungsi fitur Face untuk mengatur
a. permukaan objek
b. Garis objek
c. Sudut objek
d. Ketebalan (thickness)
e. Tekstur
a. permukaan objek
b. Garis objek
c. Sudut objek
d. Ketebalan (thickness)
e. Tekstur
26 Fungsi Edge adalah
a. untuk mengatur permukaan objek
b. untuk mengatur titik sudut objek
c. untuk mengatur garis objek
d. untuk mengatur kelengkungan objek
e. untuk mengatur segmen objek
a. untuk mengatur permukaan objek
b. untuk mengatur titik sudut objek
c. untuk mengatur garis objek
d. untuk mengatur kelengkungan objek
e. untuk mengatur segmen objek
27 fungsi Vertex adalah
a. untuk mengatur segmen objek
b. untuk mengatur kelengkungan objek
c. untuk mengatur garis objek
d. untuk mengatur titik sudut objek
e. untuk mengatur permukaan objek
28 Extrude adalah
a. proses penarikan bagian permukaan objek yang terseleksi
b. proses penarikan bagian garis objek yang terseleksi
c. proses penarikan bagian sudut objek yang terseleksi
d. mengubah tampilan objek dari solid menjadi wireframe
e. mengubah tampilan objek dari image render menjadi 3d view
a. proses penarikan bagian permukaan objek yang terseleksi
b. proses penarikan bagian garis objek yang terseleksi
c. proses penarikan bagian sudut objek yang terseleksi
d. mengubah tampilan objek dari solid menjadi wireframe
e. mengubah tampilan objek dari image render menjadi 3d view
29 Rigging adalah
a. proses penulangan (pemberian tulang) yang tersusun dari beberapa potong tulang (Bone) yang saling berhubungan
b. melakukan locroot pada tulang
c. proses penyelesaian dari keseluruhan proses animasi mulai dari pemodelan sampai video animasi kelihatan utuh
d. proses memodifikasi objek
e. proses pembagian garis-garis sehingga dapat diextrude bagian yang dibutuhkan
b. melakukan locroot pada tulang
c. proses penyelesaian dari keseluruhan proses animasi mulai dari pemodelan sampai video animasi kelihatan utuh
d. proses memodifikasi objek
e. proses pembagian garis-garis sehingga dapat diextrude bagian yang dibutuhkan
30 langkah-langkah manambahkan tulang (Bone) adalah
a. Add - Mesh - Cube
b. Add - Mesh - Monkey
c. Add - Armature - Rigify
d. Add - Armature - Single Bone
e. Add - Lamp - Sun
a. Add - Mesh - Cube
b. Add - Mesh - Monkey
c. Add - Armature - Rigify
d. Add - Armature - Single Bone
e. Add - Lamp - Sun
31 Jika anda sudah membuat objek yang digabungkan dengan tulang. Fungsi dari Pose Mode adalah
a. untuk dapat mencoba menggerakan tulang yang sudah dibuat
b. untuk dapat mencoba menggerakan tulang yang sudah diberi keyframe
c. untuk dapat mencoba menggerakan tulang yang digabung dengan objek
d. untuk dapat mencoba menggerakan tulang yang sudah dibuat
e. untuk dapat mencoba menggerakan tulang yang sudah dibuat
a. untuk dapat mencoba menggerakan tulang yang sudah dibuat
b. untuk dapat mencoba menggerakan tulang yang sudah diberi keyframe
c. untuk dapat mencoba menggerakan tulang yang digabung dengan objek
d. untuk dapat mencoba menggerakan tulang yang sudah dibuat
e. untuk dapat mencoba menggerakan tulang yang sudah dibuat
32 Langkah untuk menggabungkan tulang dengan objek menjadi satu keutuhan, adalah menekan Ctrl+P kemudian pilih
a. Armature deform
b. Object
c. Bone
d. Object (keep transform)
e. With Automatic Weights
b. Object
c. Bone
d. Object (keep transform)
e. With Automatic Weights
33 Langkah untuk menggabungkan tulang dengan objek menjadi satu keutuhan, adalah menekan Ctrl+P kemudian pilih
a. Armature deform
b. Object
c. Bone
d. Object (keep transform)
e. With Automatic Weights
b. Object
c. Bone
d. Object (keep transform)
e. With Automatic Weights
34 Jenis Format Buku Digital, kecuali
a. HTML
b. EPUB
c. PDF
d. XHTML
e. DOC
a. HTML
b. EPUB
c. PDF
d. XHTML
e. DOC
35 ukuran kertas A4 adalah
a. 14,8 cm x 21 cm
b. 21 cm x 29,7 cm
c. 29,7 cm x 42 cm
d. 42 cm x 59,4 cm
e. 21,5 cm x 35,5 cm
a. 14,8 cm x 21 cm
b. 21 cm x 29,7 cm
c. 29,7 cm x 42 cm
d. 42 cm x 59,4 cm
e. 21,5 cm x 35,5 cm
36 fungsi tombol X pada blender adalah
a. merotasi objek
b. menghaluskan objek
c. menghapus objek
a. merotasi objek
b. menghaluskan objek
c. menghapus objek
d. memperbesar memperkecil objek
e. memberi warna objek
37 fungsi X-RAY dalam blender adalah
a. agar tulang terlihat walaupun berada di dalam objek
b. untuk mencerminkan objek
c. merotasi objek
d. melocroot objek
e. membuat keyframe
b. untuk mencerminkan objek
c. merotasi objek
d. melocroot objek
e. membuat keyframe
38 untuk membuat keyframe sebelum menganimasikan objek adalah dengan menekan tombol
a. X
b. R
c. S
d. E
e. I
a. X
b. R
c. S
d. E
e. I
39 Jika kita menekan tombol E,X,1 maka yang terjadi adalah
a. merotasi sumbu x dengan jarak 1
b. memperbesar objek dengan ukuran 1
c. mengextrude objek pada sumbu x dengan jarak 1
d. memperkecil objek pada sumbe x dengan variabel 1
e. menggeser ke sumbu x pada jarak 1
a. merotasi sumbu x dengan jarak 1
b. memperbesar objek dengan ukuran 1
c. mengextrude objek pada sumbu x dengan jarak 1
d. memperkecil objek pada sumbe x dengan variabel 1
e. menggeser ke sumbu x pada jarak 1
40 fungsi dari WIND adalah
a. memberikan ketebalan
b. membuat monkey
c. untuk membuat segmen
d. membuat angin
e. menghaluskan permukaan objek
a. memberikan ketebalan
b. membuat monkey
c. untuk membuat segmen
d. membuat angin
e. menghaluskan permukaan objek
41 Teknik pencarian di google ini digunakan untuk menemukan format-format file tertentu (missal:ppt) adalah
a. frase
b. filetype:
c. site:
d. and
e. not
a. frase
b. filetype:
c. site:
d. and
e. not
42 Berikut adalah mesin pelacak/ mesin telusur (search engine), kecuali
a. Google search
b. Bing
c. Yahoo
d. Ask
e. Mozilla firefox
a. Google search
b. Bing
c. Yahoo
d. Ask
e. Mozilla firefox
43 Apa yang dimaksud dengan search engine
a. Situs penyimpanan data secara online
b. Situs untuk membuat email secara gratis
c. Situs jejaring social yang dimiliki oleh google
d. Situs mesin pencari untuk menelusuri website di seluruh dunia
e. Situs yang dapat menemukan teman di internet
a. Situs penyimpanan data secara online
b. Situs untuk membuat email secara gratis
c. Situs jejaring social yang dimiliki oleh google
d. Situs mesin pencari untuk menelusuri website di seluruh dunia
e. Situs yang dapat menemukan teman di internet
44 Rendering adalah
a. Proses pembuatan tulang dan penggabungan penyatuan beberapa tulang
b. proses penyelesaian dari keseluruhan proses animasi mulai dari pemodelan sampai video animasi kelihatan utuh
c. proses memodifikasi objek
d. penambahan segment dalam edit mode
e. proses pembagian garis-garis sehingga dapat diextrude bagian yang dibutuhkan
a. Proses pembuatan tulang dan penggabungan penyatuan beberapa tulang
b. proses penyelesaian dari keseluruhan proses animasi mulai dari pemodelan sampai video animasi kelihatan utuh
c. proses memodifikasi objek
d. penambahan segment dalam edit mode
e. proses pembagian garis-garis sehingga dapat diextrude bagian yang dibutuhkan
45 Camera angle adalah
a. sudut pengambilan gambar suatu objek
b. bidang pandangan
c. titik hilang
d. jarak pandang
e. luas bidang
a. sudut pengambilan gambar suatu objek
b. bidang pandangan
c. titik hilang
d. jarak pandang
e. luas bidang
46 Fungsi dan Tujuan Buku Digital, kecuali
a. Sebagai salah satu alternatif media belajar
b. menyebarkan kebencian
c. Memberikan kesempatan bagi pembuat konten untuk lebih mudah berbagi informasi, dengan cara yang lebih menarik dan interaktif
d. Melindungi informasi yang disampaikan
e. Mempermudah proses memahami materi ajar
47 Format file hasil rekaman yang dapat diimpor ke Windows Movie Maker adalah sebagai berikut, kecuali
a. WMV
b. AVI
c. MP4
d. RM
e. mpeg
a. WMV
b. AVI
c. MP4
d. RM
e. mpeg
48 Software untuk membuat animasi 3 dimensi secara gratis adalah
a. maya
b. cinema
c. blender
d. 3dsmax
e. coreldraw
49 dibawah ini software video editing, kecuali
a. movie maker
b. after effect
c. adobe premiere
d. power director
e. ms. word
50 untuk menyimpan file, caranya adalah klik
a. open
b. save
c. export
d. import
e. page layout
51 bold merupakan fitur untuk
a. memiringkan huruf
b. menggaris bawah huruf
c. menebalkan huruf
d. membuat pangkat dua
e. mencoret huruf
52 contoh email yang benar adalah
a. indah#bingitacli@gmail.com
b. arif:*hidayatttt@gmail.com
c. syerlidev^koe@gmail.com
d. alwan2016@gmail.com
e. arif@ramadantilope@gmail.com
53 fungsi STRENGT pada fitur WIND di blender adalah
a. memberikan ketebalan
b. memberikan kekuatan angin
c. membagi segmen face
d. membuat objek melengkung
e. besarnya ketebalan objek
54 aplikasi blender memiliki lisensi open source,itu berarti aplikasi blender bersifat
a. comercil
b. berbayar
c. trial
d. gratis
e. shareware
55 untuk mewarnai objek blender ada di fitur
a. physic
b. material
c. modifier
d. rigifiy
e. add
demikian semoga Contoh Latihan Soal UKK Simulasi Digital Kelas X SMK Tahun 2017 Terbaru yang saya posting di blog sederhana ini bisa bermanfaat. salam.
Post a Comment