Shortcut Tombol Blender dan Basic Modelling (Pembuatan Objek Model 3D Dasar) pada Blender
#1 Shortcut Tombol Blender
Shortcut adalah jalan pintas untuk menjalankan suatu perintah tertentu pada perangkat lunak (software). Perintah-perintah yang terdapat dalam software Blender memang disederhanakan dengan mengunakan keyboard shortcut.
Berikut adalah shortcut yang sering digunakan pada program aplikasi Blender.
Tabel II. 3 Shortcut Blender
#2 Basic Modelling Blender
Basic Modelling adalah tahapan awal pengenalan pemodelan. Fitur utama yang dikenalkan dalam modelling adalah Edit Mode, Vertex, Edge, Face, Extrude.
Berikut ini adalah tampilan Blender secara default, yaitu dalam area kerja aplikasi Blender terdapat cube, camera, lamp, dan cursor.
Gambar II-56 Tampilan Default Blender
Keterangan :
Cube : Kubus object, biasanya pemodelan dimulai dengan objek yang nantinya akan dibentuk menjadi sebuah model yang dikehendaki, selain objek kubus, objek plan juga sering di gunakan untuk awal
pemodelan.
Camera : Kamera berfungsi sebagai view, ouput video yang akan dihasilkan.
Lamp : Lampu adalah sumber pencahayaan yang digunakan dalam setting kerja 3D. Hal in akan berdampak pada hasil akhir kualitas gelap dan terang suatu objek yang diciptakan.
Cursor : Merupakan point untuk meletakkan objek yang akan dimasukkan
kedalam posisi work area.
Sebelum lebih jauh tentang pemodelan Anda akan dikenalkan dengan istilah edit mode shortcut (TAB), dalam posisi manipulasi objek terdapat bagian yang akan sering diseleksi untuk membentuk suatu objek, yang antara lain adalah Bagian kubus di atas jika diperjelas kerangkanya akan terlihat seperti berikut :
Gambar II-58 Kerangka Kubus
Untuk memilih mesh select mode dengan perintah cepat Anda bisa menggunakan kombinasi tombol CTRL TAB, kemudian tentukan mode yang akan dipilih.
Face : permukaan objek
Edge : garis objek
Vertex : titik sudut objek
itulah postingan tentang
Post a Comment